Batubara, Syahfira (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2161111043 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 2161111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM 2161111043 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM 2161111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM 2161111043TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 2161111043 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 2161111043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
8. NIM 2161111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
12. NIM 2161111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. NIM 2161111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Pair
Checks Terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Persuasi
Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020 dengan jumlah polulasi 342 siswa. Sampel yang diambil
adalah kelas VIII- E berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah metode
penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan
tipe tes awal – tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai
rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 66,00 dengan kategori cukup dan tidak
memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 75, dengan nilai ratarata
siswa menelaah struktur teks persuasi secara keseluruhan sebesar 85,1, dan nilai
rata-rata menyebutkan kaidah kebahasaan teks persuasi sebesar 51,2. Sedangkan
nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 91,80 dengan kategori sangat baik dan
telah memenuhi KKM, dengan nilai rata-rata siswa menelaah struktur teks persuasi
secara keseluruhan sebesar 94,9, dan nilai rata-rata menyebutkan kaidah kebahasaan
teks persuasi sebesar 89,4. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data bahwa
berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung<Ltabel pada
taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,1128 < 0,1593), hasil uji
normalitas data post-test adalah (0,1175 < 0,1593). Hasil uji homogenitas
kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi siswa adalah Fhitung <
Ftabelyakni 2,07 < 4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabelyaitu 12,22> 2,040 sehingga
hipotesis hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran pair checks memiliki pengaruh terhadap
kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model; pair checks; struktur; kebahasaan; teks; persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 08:54 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45253 |