Sukamdani (2020) Pengaruh Metode Chain Writing terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2162111006 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 2162111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
3. NIM 2162111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 2162111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 2162111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 2162111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM 2162111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM 2162111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
12. NIM 2162111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
13. NIM 2162111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode chain writing terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini berjumlah 259 siswa. Dari 259 siswa, ditetapkan sebanyak 30 siswa yang diambil secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan metode chain writing tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 61,33, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan metode chain writing tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 81,83. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan t hitung > t tabel (7,62 > 2,045), maka hipotesis nihil (H₀) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode chain writing terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | chain writing; teks eksplanasi; SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 08:54 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45234 |