Lusiani (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Swasta Yayasan Perguruan Rakyat Sei Gelugur Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2152111011 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 2152111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
3. NIM 2152111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
4. NIM 2152111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM 2152111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM 2152111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM 2152111011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 2152111011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM 2152111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
13. NIM 2152111011 CAHPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM 2152111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 lebih menekankan pada pembelajaran berbasis teks. Wujud dari pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yaitu pembelajaran menulis teks prosedur. Teks Prosedur adalah suatu langkah-langkah dan tujuan yang harus diikuti agar suatu pekerjaan dapat dilakukan. Berdasarkan observasi awal, kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Swasta Yayasan Perguruan Rakyat Sei Gelugur masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis siswa dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru masih menggunakan model konvensional, sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur adalah model direct instruction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model direct instruction terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas VII SMP Swasta Yayasan Perguruan Rakyat Sei Gelugur tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini berjumlah 60 siswa, dan ditetapkan menjadi sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dan tiap-tiap kelas terdiri dari 30 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model direct instruction Two Group Post-test. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah memberikan tes menulis teks prosedur, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks prosedur kelas eksperimen masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 76,13, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur pada kelas kontrol masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 67,46. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung>ttabel yaitu 2,59>2,04, pada taraf signifikan maka hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa model direct instruction lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur oleh siswa kelas VII SMP Swasta yayasan Perguruan Rakyat Sei Gelugur Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Direct Instruction; Pembelajaran Menulis Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 03:44 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45183 |