Nasution, Fatimah Azzah Rawani (2014) PENGARUH MODEL PEMECAHAN MASALAH DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106174018 Cover.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. 8106174018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. 8106174018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. 8106174018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. 8106174018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. 8106174018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 8106174018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8106174018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. 8106174018 Bab I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
10. 8106174018 Bab V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
11. 8106174018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) model pemecahan masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar biologi siswa; (2) pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar biologi siswa; (3) model pemecahan masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kecakapan sosial siswa; dan (4) pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kecakapan sosial siswa. Sampel dalam penelitian ini merupakan populasi sampel yang terbagi ke dalam 3 kelas dengan jumlah 156 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, dan angket kecakapan sosial siswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis anakova pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh model pemecahan masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar biologi siswa (Fhitung = 45,017; p. = 0,000); (2) tidak terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar biologi siswa (Fhitung = 2,095; p. = 0,151); (3) tidak terdapat pengaruh model pemecahan masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kecakapan sosial siswa (Fhitung = 3,122; p. = 0,080); dan (4) tidak terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kecakapan sosial siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan di SMA Negeri 5 Binjai (Fhitung = 3,215; p. = 0,076). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa model pemecahan masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan solusi pemecahan masalah pada materi biologi dengan baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.307 12 Nas p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pemecahan masalah; Kecakapan sosial; Sistem pencernaan; Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4518 |