LUBIS, MUHAMMAD FADHEL AZHARI (2020) PERSEPSI MAHASISWA FIP UNIMED MENGENAI IMPLEMENTASI E-LEARNING (ELECTRONIC LEARNING). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111061_COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 1161111061_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 1161111061_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1161111061_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM. 1161111061_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM. 1161111061_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1161111061_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1161111061_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1161111061_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 1161111061_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1161111061_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa FIP UNIMED mengenai implementasi e-learning (electronic learning).
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner terdiri dari 40 pertanyaan yang telah divalidasi, disebar melalui google form dengan link http://forms.gle/4fUhmK2HLzhvZMQj6. Responden dalam penelitian ini adalah 97 mahasiswa FIP UNIMED yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling yang rincian masing-masing jurusan yaitu PGSD sebanyak 50 mahasiswa, PENMAS-PGPAUD sebanyak 26 mahasiswa dan BK sebanyak 21 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persepsi mahasiswa FIP UNIMED mengenai implementasi e-learning tergolong dalam kategori baik dengan persentase 67,55%, dilihat dari masing-masing aspek adalah sebagai berikut; (a) persepsi mahasiswa mengenai bahan dan metode ajar dosen dalam proses perkuliahan berbasis e-learning masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 78,09%; (b) persepsi mahasiswa mengenai pemberian tugas dalam proses perkuliahan berbasis e-learning masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 79,89%; (c) persepsi mahasiswa mengenai proses perkuliahan berbasis e-learning tergolong ke dalam kategori baik dengan persentase 55,28%; (d) persepsi mahasiswa mengenai akses internet dalam proses perkuliahan berbasis e-learning tergolong ke dalam kategori sangat baik dengan persentase 77,96%; (e) persepsi mahasiswa mengenai implementasi proses perkuliahan berbasis e-learning tergolong ke dalam kategori cukup baik dengan kategori 46,52%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa FIP UNIMED mengenai implementasi e-learning (electronic learning) tergolong dalam kategori baik dengan persentasenya diperoleh sebesar 67,55%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi, E-Learning (Electronic Learning) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 08:52 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45163 |