S, MONICA JULI TRI SARTIKA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIC (VAK)PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 106806 CINTA RAKYAT KEC. PERCUT SEI TUAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153311050 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1153311050 LEMBAR PERSETEJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (934kB) | Preview
3. NIM. 1153311050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4. NIM. 1153311050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 1153311050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 1153311050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 1153311050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 1153311050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 1153311050 BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 1153311050 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM. 1153311050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V-A SD Negeri 106806 Cinta Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Visual Auditori Kinesthetic pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia di kelas V 106806 Cinta Rakyat T.A 2019/2020.
Jenis penelitain ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) penelitian ini dilakasankan di SD Negeri 106806 Cinta Rakyat di kelas V-A pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 14 siswa laki laki dan 13 siswa prempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes berupa tes pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap awal (pre tes) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.
Berdasarkan analisis data yang di peroleh bahwa pada saat pre tes dari 27 orang siswa di peroleh tingkat ketuntasan sebanyak 9 siswa (33,33%) dan sebanyak 18 siswa (66,67%) belum tuntas dengan nilai rata–rata 53,52. Setelah dilaksanakan siklus I di peroleh sebanyak 19 siswa (70,38) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 8 siswa (29,62%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 69,63. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal sebanyak 23 siswa (85,18%) dan sebanyak 4 siswa (14,81%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 80,55. Hasil observasi kegiatan mengajar guru di peroleh pada siklus I pertemuan pertama dengan rata-rata nilai sebesar 53,33 (cukup) dan pertemuan kedua sebesar 73,33 (Tinggi) pada siklus II pada pertemuaan pertama rata-rata nilai 80% (sangat tinggi) dan pertemuan kedua sebesar 86,66 ( sangat tinggi )
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia di kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A. 2019/2020 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Visual Auditory Kinesthetic |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 02:02 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45159 |