MANALU, MEYANTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 KELAS IV SD NEGERI 104306 KAMPUNG ILIR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311060_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1163311060_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 1163311060_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. NIM. 1163311060_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1163311060_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM. 1163311060_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1163311060_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1163311060_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1163311060_BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM. 1163311060_BAB V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
14. NIM. 1163311060_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku dengan Subtema 1 Pada Pembelajaran 1 dan 2 di Kelas IV SD Negeri 104306 Kampung Ilir T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 kelas IV SD Negeri 104306 Kampung Ilir T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian one group pretest-postest design. Uji coba instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda tes. Berdasarkan uji validitas pada taraf signifikan 5% pada jumlah sampel 30 orang, dari 40 soal terdapat 25 soal valid dan 15 soal tidak valid. Berdasarkan uji realibitas pada taraf signifikan 5% pada jumlah sampel 30 orang, dengan ketentuan t_hitung>t_tabel didapati 0,871>0,349 dengan demikian tes secara keseluruhan telah reliabel. Berdasarkan uji tingkat kesukaran pada taraf signifikan 5% pada jumlah sampel 30 orang, dari 40 soal terdapat 16 soal kategori mudah dan 24 soal kategori sedang. Berdasarkan uji daya beda tes pada taraf signifikan 5% pada jumlah sampel 30 orang, dari 40 soal terdapat 10 soal kategori baik, 20 soal kategori cukup dan 10 soal kategori jelek. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SD Negeri 104306 Kampung Ilir yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi. Tes diberikan sebanyak dua kali yaitu pemberian pretest dan posttest. Berdasarkan lembar observasi guru diperoleh hasil 87 pada perlakuan pertama dan hasil 89 pada perlakuan kedua dengan kategori Baik. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan data dari hasil penelitian dan kemudian dianalisis diperoleh nilai rata-rata pretest siswa sebesar 60 sedangkan nilai rata-rata postest siswa sebesar 81,8. Pada hasil uji normalitas pretest dan postest dengan ketentuan L_hitung<L_tabel, menunjukkan hasil pretest sebesar 0,100<0,190 dan hasil normalitas postes sebesar 0,168<0,190, sehingga dapat dinyatakan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test pada taraf signifikansi Ɑ=0,05 dengan ketentuan t_hitung> t_tabel didapati hasil 35,51>1,729, maka dapat disimpukan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu: “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Kelas IV SD Negeri 104306 Kampung Ilir T.A 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Student Facilitator And Explaining, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 02:02 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45156 |