MATONDANG, LINDA LESTARI (2020) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 106812 BANDAR KLIPPA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111056_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1161111056_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM. 1161111056_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 1161111056_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 1161111056_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1161111056_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1161111056_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1161111056_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1161111056_BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM. 1161111056_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1161111056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui media audio visual pada siswa kelas IV SD Negeri 106812 Bandar Klippa. Penyebab rendahnya keterampilan menulis siswa salah satunya yaitu banyak siswa yang kurang termotivasi untuk menulis sehingga merasa bahwa kegiatan menulis merupakan kegiatan yang kurang menyenangkan. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki keterampilan menulis karangan narasi dengan cara menerapkan media audio visual agar keterampilan menulis karangan narasi siswa dapat
meningkat.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106812 Bandar Klippa kelas IV semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (pra tindakan), dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada saat pra tindakan dari 29 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 2 siswa (7%) dengan nilai rata-rata 42,58, dan sebanyak 27 siswa (93%) belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 17 siswa (59%) mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 68,51, dan sebanyak 12 siswa (41%) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 29 siswa (100%) dengan nilai rata-rata 78,48. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 106812 Bandar Klippa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Audio Visual, Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 08:49 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45150 |