Siregar, Mahrani Fitri (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS IV SDN 060843 MEDAN TA 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182020 Cover.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. 8126182020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8126182020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 8126182020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. 8126182020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 8126182020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 8126182020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126182020 Bab I.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
9. 8126182020 Bab V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
10. 8126182020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kecakapan sosial siswa, dan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Lerning). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes hasil belajar, angket kecakapan sosial siswa, dan observasi penggunaan model pembelajaran berbasis maslaah (Problem Based Lerning). Analisis data untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar dan kecakapan sosial siswa dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Lerning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar untuk penilaian kognitif siswa adalah 2,38 meningkat menjadi 3,15 pada siklus II. Untuk penilaian keterampilan (Psikomotorik) nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu 2,47 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,30. Untuk penilaian sikap (Afektif) siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 2,07 meningkat menjadi 3,13 pada siklus II. Kecakapan sosial siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Indikator “bekerja sama dengan teman yang lain” meningkat menjadi 66,67% menjadi 86,67%; “mengendalikan emosi” meningkat dari 76,67% menjadi 80%; “berinteraksi dengan teman lain” meningkat dari 60% menjadi 87,67%; “mengelola konflik ” meningkat dari 76,67% menjadi 93,33%; “toleransi” meningkat dari 73,33% menjadi 86,67%; “membudayakan sikap sportif dan disiplin” meningkat dari 70% menjadi 80%; “mendengarkan teman yang lain” meningkat dari 63,33% menjadi 80%; “berkomunikasi dengan teman lain” meningkat dari 73,33% menjadi 80%; dan indikator “memimpin” meningkat dari 70% menjadi 83,33%. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Lerning) juga mengalami peningkatan untuk masing-masing indikatornya, yaitu dengan nilai > 70. Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Lerning) dapat dijadikan salah satu alternative bagi guru dalam menyajikan pelajaran pada tema indahnya negeriku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sir p |
Keywords: | Problem based learning; Model pembelajaran; Kecakapan sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4515 |