Tambunan, Husna Parluhutan (2014) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN 060843 MEDAN T.A 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182014 Cover.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. 8126182014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8126182014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. 8126182014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. 8126182014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. 8126182014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 8126182014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126182014 Bab I.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
9. 8126182014 Bab V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
10. 8126182014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan jumlah siswa 25 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, angket respon siswa, dan observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode inkuiri. Analisis data menggunakan tekhnik kuantitatif dan tekhnik kualitatif dengan mengkaitkan data yang ada. Hasil analisis menunjukkan : (1) terjadi peningkatan pada aktivitas siswa yaitu pada siklus I perolehan aktivitas siswa sebesar 61,25% dan 75,63% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 92,50% dengan kategori sangat baik. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian kognitif adalah 2,48 meningkat menjadi 3,17 di siklus ke II dengan persentase siswa yang memperoleh predikat belajar sangat baik 96%. Untuk penilaian psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 2,55 meningkat menjadi 3,24 pada siklus II dengan persentase siswa yang memperoleh predikat belajar baik 72%. Untuk penilaian afektif (jujur,disiplin dan kerjasama) juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I adalah 2,58 menjadi 3,33 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN.060843 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Tam u |
Keywords: | Metode inkuiri; Aktivitas belajar; Metode pembelajaran; Kognitif domain; Affective domain; Psychomotor domain |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4514 |