SIADARI, CECILIA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOGERBE (KOTAK GERAK BENDA) PADA MATERI GERAK BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 105335 KEBUN SAYUR KECAMATAN TANJUNG MORAWA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163111010_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1163111010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM. 1163111010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1163111010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 1163111010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 1163111010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1163111010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1163111010_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1163111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM. 1163111010_BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
14. NIM. 1163111010_BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
15. NIM. 1163111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kogerbe (Kotak Gerak Benda) serta mengetahui kelayakan media pembelajaran Kogerbe (Kotak Gerak Benda) pada materi Gerak Benda Mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 105335 Kebun Sayur. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan
atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE dengan menggunakan 5 langkah yaitu (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Validasi dilakukan oleh dua ahli yaitu
ahli media pembelajaran dan ahli materi dan uji lapangan (respon peserta didik).
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata perolehan nilai dari ahli media 4,3 dengan persentase kelayakan sebesesar 85% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan “Sangat Layak”. Selanjutnya rata-rata perolehan nilai dari ahli materi 4,4 dengan persentase kelayakan sebesar 88 % termasuk dalam kategori Sangat Baik” dan “Sangat Layak” Pada saat uji coba produk rata-rata perolehan nilai dari siswa 4,8 dengan persentase kelayakaan sebesar 96% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan “Sangat Layak” Berdasarkan hasil keseluruhan maka dapat disimpulkan media pembelajaran Kogerbe (Kotak Gerak Benda) dapat dikembangkan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA pada materi gerak benda kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Kogerbe, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:41 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45130 |