Herlina (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MEMANFAATKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DRILL AND PRACTICE MELALUI TEKNIK SUPERVISI DEMONSTRASI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132052 Cover.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. 8126132052 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
3. 8126132052 Abstrak.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. 8126132052 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. 8126132052 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. 8126132052 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. 8126132052 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. 8126132052 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. 8126132052 Bab I.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
10. 8126132052 Bab V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
11. 8126132052 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru memanfaatkan multimedia interaktif drill & practice melalui teknik supervisi demonstrasi di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri atas 6 kali pertemuan pada siklus I dan 3 kali pertemuan pada siklus II. Sampel penelitian terdiri atas 4 orang guru kimia pada SMA Negeri 5 Banda Aceh yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen penelitian adalah berupa lembar observasi yang menggunakan rating scale dalam bentuk checklist. Lembar observasi terdiri atas dua parameter pengukuran, yaitu observasi terhadap keterampilan guru dan tampilan komunikasi visual produk yang dihasilkan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase keberhasilan setiap siklus. Data awal penelitian menunjukkan bahwa belum pernah ada guru yang menggunakan aplikasi yang tersedia untuk mendesain multimedia interaktif drill & practice. Skor rata-rata pada siklus I untuk setiap parameter yang disebutkan diatas berturut-turut adalah sebagai berikut: 64,17 dan 69,67. Hasil tersebut belum memenuhi standar keberhasilan yang ditentukan sehingga penelitian harus dilanjutkan ke siklus II. Skor yang diperoleh pada siklus II naik secara signifikan untuk setiap parameter yaitu 86,88 dan 85,00. Angka tersebut menunjukkan bahwa guru telah berhasil memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil akhir penelitian maka dapat disimpulkan bahwa teknik supervisi demonstrasi mampu meningkatkan keterampilan guru SMA Negeri 5 Banda Aceh dalam memanfaatkan multimedia interaktif drill & practice. Diharapkan agar teknik supervisi demonstrasi dapat diimplementasikan oleh supervisor dalam membina guru khususnya dalam memanfaatkan multimedia interaktif drill & practice.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Her p |
Keywords: | Supervisi demonstrasi; Multimedia interaktif; Hot potatoes; Ketrampilan guru; Drill and practice |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 22:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4510 |