Tarigan, Meliani Prisda Yanti Br. (2021) Analisis Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1173113016 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM 1173113016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
3. NIM 1173113016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 1173113016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM 1173113016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 1173113016 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM 1173113016 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (0B)
8. NIM 1173113016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
12. NIM 1173113016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 1173113016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan semua kalangan dari segala usia, mulai dari anak usia dini sampai lansia telah memiliki dan menggunakan gadget yaitu handphone dalam kehidupan sehari-harinya. Secara garis besar gadget merupakan perangkat elektronik yang dijadikan sebagai alat bantu dalam kehidupan manusia. Penggunaan gadget pada anak usia 5-6 tahun memiliki durasi operasional. Durasi operasional penggunaan gadget oleh anak usia 5-6 tahun ialah sekitar 2 jam diluar penggunaan tujuan sekolah online.
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan gadget anak usia 5-6 tahun di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo dan bagaimana penggunaan gadget sebagai sumber belajar anak usia 5-6 tahun di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo. Subjek penelitian terdiri dari 8 anak usia 5-6 tahun di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo yang menggunakan gadget dan orang tua dari anak tersebut. Pemilihan subjek dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling, non probability. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget oleh anak usia 5-6 tahun di Dusun 1 Desa Ketaren Kabupaten Karo dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian. Pertama anak yang menggunakan gadget selama 3 jam perhari diluar jam belajar dengan tujuan sekolah dan kedua anak yang menggunakan gadget 5 jam perhari diluar jam belajar dengan tujuan sekolah. Hasil yang ditemukan dari penggunaan gadget sebagai sumber belajar tersebut, antara lain yaitu dapat menambah pengetahuan anak, melatih kreativitas, beradaptasi dengan jaman, dan berkembangnya imajinasi anak. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi orang tua untuk dapat mencari alternatif lain agar anak memiliki kesibukan tersendiri saat dirumah selain menggunakan gadget yang berlebihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PAUD-082 |
Keywords: | Sumber Belajar; Gadget; Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 02:05 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45086 |