Farhani, Shadrina (2021) Hubungan Pemberian Penguatan (Reinforcement) Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDS Al-Hidayah Kec. Medan Tembung T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111088_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111088_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 1173111088_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 1173111088_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM. 1173111088_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 1173111088_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173111088_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1173111088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 1173111088_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 1173111088_BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM. 1173111088_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguatan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Swasta Al-Hidayah Kec. Medan Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V SD Swasta Al-Hidayah Kec. Medan Tembung yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 105 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang disebar secara online kepada responden. Dalam teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis, uji koefisien korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan guru kelas V SD Swasta Al-Hidayah Medan tergolong dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 93. Sedangkan motivasi belajar siswa kelas V SD Swasta Al-Hidayah Medan tergolong dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 82. Selanjutnya, hasil perhitungan korelasi diperoleh dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,410 > 0,349 yang artinya kedua variabel memiliki hubungan yang positif. Kemudian, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,461 sedangkan ttabel ( = 0,05) sebesar 2,042 yang artinya thitung > ttabel (2,461 > 2,042). Berdasarkan data dari hasil pengujian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguatan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Swasta Al-Hidayah Kec. Medan Tembung T.P. 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-225 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Penguatan Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 01:51 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45082 |