Putra, Rezki Amaldo (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas V-A SD Negeri 101774 Sampali T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172111018_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1172111018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 1172111018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 1172111018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1172111018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1172111018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1172111018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1172111018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1172111018_BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 1172111018_BAB V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM. 1172111018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas V-A SD Negeri 101774 Sampali, (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas V-A SD Negeri 101774 Sampali dan (3) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas V-A SD Negeri 101774 Sampali T.A 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick & Carry yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji kelayakan media oleh ahli materi yaitu 97% termasuk dalam kategori “sangat layak” dan hasil validasi ahli media yaitu 87% termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil uji kepraktisan yang dilakukan oleh ahli praktikalitas yaitu 95% termasuk dalam kategori “sangat layak”, dan hasil respon peserta didik yaitu 96% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Uji coba keefektifan dengan pelaksanaan tes soal pilihan ganda dilakukan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) media diimplementasikan. Hasil nilai rata-rata peserta didik sebelum media diimplementasikan (pretest) yaitu 62,6 dan hasil nilai rata-rata peserta didik sesudah media diimplementasikan (posttest) yaitu 83 dan dengan demikian media pembelajaran interaktif berbantuan power point iSpring dinyatakan efektif diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas V-A SD Negeri 101774 Sampali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-265 |
Keywords: | Penelitian Pengembangan; Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Microsoft Power Point; iSpring; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 08:08 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45070 |