PELATIHAN BERBASIS SIMULASI SEBAGAI IMPLEMENTASI SUPERVISI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MATEMATIKA MENERAPKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DI SMA SE KECAMATAN LOLOFITU MOI DAN MANDREHE KABUPATEN NIAS BARAT PROVINSI SUMATERA UTARA

Gulo, Parlinus (2014) PELATIHAN BERBASIS SIMULASI SEBAGAI IMPLEMENTASI SUPERVISI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MATEMATIKA MENERAPKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DI SMA SE KECAMATAN LOLOFITU MOI DAN MANDREHE KABUPATEN NIAS BARAT PROVINSI SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126132061 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126132061 Cover.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126132061 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126132061 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126132061 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126132061 Abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126132061 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126132061 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126132061 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126132061 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126132061 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126132061 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126132061 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126132061 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126132061 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126132061 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126132061 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126132061 Bab I.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126132061 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126132061 Bab V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126132061 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126132061 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah pelatihan berbasis simulasi dapat meningkatkan keterampilan guru menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray di SMA se kecamatan Lolofitu Moi dan Mandrehe Kabupaten Nias Barat. Penelitian dilakukan dengan melaksanakan pelatihan berbasis simulasi terhadap 10 orang guru matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan observasi pra siklus. Untuk mengumpulkan data, digunakan beberapa instrumen yaitu: (1) instrumen penilaian keterlaksanaan tindakan pada pelatihan berbasis simulasi; (2) instrumen telaah RPP; dan (3) lembar pengamatan terhadap guru dalam menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata persentase keterampilan guru dalam penyusunan RPP dengan model cooperative learning tipe two stay two stray pada pra siklus sebesar 72,13% (cukup), pada siklus I sebesar 92,53% (amat baik) dan pada siklus II sebesar 95,87% (amat baik); (2) Rata-rata persentase keterampilan guru menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray pada pra siklus sebesar 10,00% (amat kurang), pada siklus I sebesar 68,75% (kurang) dan pada siklus II sebesar 85,42% (baik). Aspek-aspek penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray yang skornya rendah pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu: (1) Aspek 1: menyampaikan tujuan dan memotivasi (2,40 menjadi 3,10); (2) aspek 2: menyajikan informasi (1,85 menjadi 3,20); (3) aspek 5: evaluasi (2,70 menjadi 3,50) dan (4) aspek 6: memberikan penghargaan (2,10 menjadi 3,40). Pada siklus I, masing-masing guru yang mengikuti pelatihan belum mencapai kategori baik dalam menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray; Sedangkan pada siklus II, ada 3 orang guru mendapatkan kategori amat baik dan 7 orang guru kategori baik. Artinya tindakan dikatakan berhasil setelah dilaksanakan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, nampak bahwa rata-rata persentase keterampilan guru dalam merencanakan dan menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray (penyusunan RPP dan pelaksanaan pembelajaran di kelas) pada pra siklus sebesar 41,07% dengan kategori amat kurang, pada siklus I sebesar 80,64% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 92,10% dengan kategori amat baik. Kesimpulan penelitian adalah pelatihan berbasis simulasi dapat meningkatkan keterampilan guru matematika menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray di SMA se kecamatan Lolofitu Moi dan Mandrehe Kabupaten Nias Barat. Disarankan supaya supervisi kelompok melalui pelatihan berbasis simulasi digunakan untuk pembinaan guru dan model cooperative learning tipe two stay two stray digunakan guru matematika dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.203 Gul p
Keywords: Cooperative learning; Supervisi kelompok; Pelatihan; Simulasi; Ketrampilan guru; Two stay two stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 May 2016 19:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4505

Actions (login required)

View Item
View Item