Lubis, Rano Krisno (2014) MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU AKUNTANSI DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMK NEGERI 1 KUTACANE. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132062 Cover.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. 8126132062 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (961kB) | Preview
3. 8126132062 Abstrak.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. 8126132062 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. 8126132062 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
6. 8126132062 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. 8126132062 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. 8126132062 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. 8126132062 Bab I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
10. 8126132062 Bab V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
11. 8126132062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) melalui supervisi klinis di SMK Negeri 1 Kutacane. Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dan dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua sampai tiga kali pertemuan. Adapun subyek penelitian ini adalah empat orang guru bidang studi Akuntansi di SMK Negeri 1 Kutacane. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pengumpulan data dengan menggunakan format observasi, instrumen telaah RPP, instrumen penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD guru, instrumen penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa dan instrumen pelaksanaan supervisi klinis. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif yang hasilnya adalah sebagai berikut: Pada Pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh dari telaah RPP adalah 76,00% katagori “cukup”, sedangkan pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 83,33% katagori “baik”, nilai rata-rata yang diperoleh dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD guru pada Pra siklus 70,45% katagori “cukup”, siklus I yaitu 75,57% katagori “cukup” sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 82,67% katagori “baik”, nilai rata-rata yang diperoleh dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa pada Pra siklus 66,85% katagori “kurang”, siklus I yaitu 77,17% katagori “cukup” sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 82,88% katagori “baik”, nilai rata-rata yang diperoleh dari pelaksanaan supervisi klinis pada siklus I yaitu 77,50% katagori “cukup”, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 83,00% katagori “baik”. Melihat nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dari pra siklus, siklus I ke siklus II , terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen yang di observasi maupun yang dinilai, yang berarti pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan keberhasilan tersebut di atas disarankan kepada guru-guru di SMK Negeri 1 Kutacane agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Team Achievement Division).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Lub m |
Keywords: | Supervisi klinis; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Kompetensi; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4502 |