SARAGIH, TUASTI DINIARY (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD SE-KECAMATAN GUNUNG MERIAH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163111079_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1163111079_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM. 1163111079_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. NIM. 1163111079_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 1163111079_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 1163111079_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 1163111079_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 1163111079_BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
12. NIM. 1163111079_BAB V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM. 1163111079_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru masih terihat kesulitan dalam melaksanakan model pembelajaran tematik. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja faktor-faktor penghambat guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Se-Kecamatan Gunung Meriah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru-guru kelas sebanyak 36 orang. Sampel penelitian terdiri dari guru – guru yang sudah menerapkan pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data melalui angktet.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket tertutup. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis. Dari hasil penelitian menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data dapat disimpulkan bahwa Analisis faktor – faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terdapat 8,88%. Analisis Guru proses pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Se-kecamatan gunung meriah dalam masing – masing aspek adalah : Analisi faktor – faktor penghambat dilihat dari indikator adalah (1. Perencanaan 12,49% ) (2. Pelaksanaan 10,18%) dan (3. Evaluasi 2,22 % ) dan Jika dilihat dari keseluruhan item, terdapat item no 16 yang paling dominan menjadi faktor – faktor penghambat dalam proses pembelajaran tematik dimana guru masih kurang dalam membuat indikator
berdasarkan kopetensi dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Faktor Penghambat, Pembelajaran Tematik, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 08:40 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44984 |