Agustina, Jihan (2021) Pengembangan Media E-Comic Edukasi Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan Pada Siswa Kelas V SDN 060954 Terjun T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311059_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1173311059_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 1173311059_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 1173311059_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1173311059_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 1173311059_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1173311059_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1173311059_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1173311059_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
10. NIM. 1173311059_BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
14. NIM. 1173311059_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 1173311059_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Pengembangan media pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang peneliti dapatkan di lapangan, seperti Penggunaan media pembelajaran di SDN 060954 yang masih memanfaatkan benda-benda disekolah seperti globe, kerangka tubuh manusia, ataupun gambar-gambar yang diprint saja. Rendahnya pemahaman peserta didik yang membuat salah satu indikator yaitu menghasilkan skema siklus air belum tercapai sehingga mengakibatkan pengumpulan tugas terlambat. Guru menggunakan media seadanya dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media dan praktikalitas bagi guru dan siswa terhadap media pembelajaran E-Comic Edukasi tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan pembelajaran 2 di kelas V SDN 060954 Terjun. Jenis Penelitian ini merupakan R&D (Research and Development) Model 4D yang terdari tahap (Define, Design, Development, and Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. Pada setiap tahap memiliki langkah-langkah yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dalam melakukan pengembangan media pembelajaran E-Comic Edukasi. Berdasarkan uji coba kevalidan media pembelajaran E-Comic Edukasi yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak (valid) dengan rata-rata persentase 91% dari 2 orang ahli. Tahap pengembangan meliputi uji coba kelayakan media pembelajaran E-Comic Edukasi 1 ahli Materi dan 1 ahli media. Pada penilaian media pembelajaran E-Comic Edukasi oleh ahli materi memperoleh persentase 91%, dan oleh ahli media 91%. Respon peserta didik kelas V-C memperoleh rata-rata persentase hasil dari penilaian angket respon siswa memperoleh skor 85.36% dengan kategori sangat layak. Dan respon pendidik (guru kelas V-C) memperoleh skor rata-rata dari keseluruhan aspek adalah 93,7% dengan kriteria sangat layak. Hasil ini memberikan gambaran bahwa penggunaan media pembelajaran oleh guru dan siswa sangat praktis dan dapat membantu dalam melaksanakan proses pembelajaran di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-232 |
Keywords: | Media Pembelajaran; E-Comic Edukasi; Aplikasi Pembuatan E-Comic Edukasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 07:38 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44983 |