HUTABALIAN, REWANTI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ORSYS BOX (KOTAK SISTEM ORGAN) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SDN 064960 SARI REJO KECAMATAN MEDAN POLONIA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163111061_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1163111061_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 1163111061_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 1163111061_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 1163111061_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1163111061_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1163111061_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1163111061_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1163111061_BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
13. NIM. 1163111061_BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 1163111061_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di kelas V SDN 064960 Sari Rejo adalah rendahnya hasil belajar siswa disebabkan minimnya media pembelajaran yang memfasilitasi guru dan siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran IPA khususnya materi sistem peredaran darah. Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Orsys Box (Kotak Sistem Organ) yang valid
dalam isi dan konstruk pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SD.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(research and development) dengan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate) dari Thiagarajan. Akan tetapi, dengan kondisi pandemi COVID-19 sehingga tahap pengembangan hanya dapat dilakukan sampai tahap Development yaitu tahap validasi ahli.Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli
media, dan praktisi pendidikan. Jenis penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penilaian pengembangan media pembelajaran Orsys Box (Kotak Sistem Organ) berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 95,00% dengan kategori sangat layak. Penilaian ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 97,50% dengan kriteria sangat layak. Penilaian praktisi pendidikan memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 85,41% dengan kriteria layak. Berdasarkan hasil data analisis secara keseluruhan, tujuan validitas rata-rata 92,63%. Dapat untuk disimpulkan bahwa media pembelajaran Orsys Box (Kotak Sistem Organ) pada materi sistem peredaran darah manusia di SD kelas V sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran IPA khususnya materi sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan, media, SD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 01:58 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44976 |