Khairunnia, Marizqa (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8214071021 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 8214071021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM. 8214071021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8214071021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 8214071021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 8214071021 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 8214071021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8214071021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (848kB) | Preview
12. NIM. 8214071021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 8214071021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) peningkatan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 3) kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan, dan 4) keefektifan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan buku siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PMR dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dengan 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 di SMP Negeri 1 Batang Kuis. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) terdapat peningkatan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, ditinjau dari: a) penilaian validator, b) wawancara respon siswa, c) wawancara respon guru, dan d) keterlaksanaan perangkat pembelajaran, dan 4) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan hasil belajar secara klasikal, b) ketercapaian tujuan pembelajaran, c) waktu pembelajaran, dan d) respon positif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Kha p |
Keywords: | Pengambangan Perangkat Pembelajaran, Pencekatan Matematika Realistik; Model Pengembangan 4-D Thiagarajan; Kemampuan Pemecahan Masalah; Disposisi Matematis Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 04:45 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44969 |