Munawarah, Nurul (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Strategi Wankat-Oreovocz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri 1 Manyak Payed. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172047 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8166172047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM. 8166172047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM. 8166172047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 8166172047 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 8166172047 TABELS.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 8166172047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 8166172047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (926kB) | Preview
12. NIM. 8166172047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM. 8166172047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif yang dikembangkan melalui strategi Wankat-Oreovocz, (2) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz, (3) menganalisis peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz, (4) menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Manyak Payed. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa buku siswa, lembar kerja peserta didik, tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan angket self-efficacy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui strategi Wankat-Oreovocz valid, praktis, dan efektif, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz meningkat pada tahap penyebaran, (3) peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz meningkat pada tahap penyebaran, (4) hasil analisis kesalahan siswa ditinjau dari Newman Error Analysis (NEA) diperoleh bahwa dari 46 total kesalahan, terdapat 5 kesalahan pada aspek pemahaman, 12 kesalahan pada aspek transformasi, 15 kesalahan pada aspek keterampilan proses, dan 14 kesalahan pada aspek kemampuan mengkoding. Sedangkan pada aspek kemampuan membaca, siswa tidak mengalami kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Mun p |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematis; strategi Wankat-Oreovocz; self-efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 04:41 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44968 |