Laoli, Gloriantina (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TUTORIAL MELALUI LESSON STUDY DI SMA NEGERI 1 LOLOFITU MOI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132050 Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. 8126132050 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
3. 8126132050 Abstrak.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4. 8126132050 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. 8126132050 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. 8126132050 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. 8126132050 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. 8126132050 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9. 8126132050 Bab I.pdf - Published Version
Download (861kB) | Preview
10. 8126132050 Bab V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
11. 8126132050 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan guru rumpun bahasa menggunakan multimedia interaktif tutorial di SMA Negeri 1 Lolofitu Moi dapat meningkat melalui lesson study. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah, yang terdiri dari 2 siklus dimana pada setiap siklus terdiri dari empat fase kegiatan yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan dengan melaksanakan kegiatan lesson study terhadap 3 orang guru rumpun bahasa di SMA Negeri 1 Lolofitu Moi yang sekaligus menjadi subjek penelitian, yakni terdiri dari 1 orang guru bahasa Indonesia, 1 orang guru bahasa Inggris dan 1 orang guru bahasa Jerman; dengan melibatkan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah urusan kurikulum sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen/lembar observasi keterampilan guru menggunakan multimedia interaktif tutorial dalam pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa rata-rata skor pada pra siklus sebesar 32,67 (rata-rata persentase keterampilan guru menggunakan multimedia interaktif tutorial dalam pembelajaran hanya 26,35%), siklus I sebesar 86,67 (69,90%), sementara pada siklus II sebesar 111,33 (89,78%). Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan guru menggunakan multimedia interaktif tutorial sebesar 43,55% pada siklus I dan 19,89% pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah keterampilan guru rumpun bahasa menggunakan multimedia interaktif tutorial dapat meningkat melalui lesson study di SMA Negeri 1 Lolofitu Moi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Lao m |
Keywords: | Lesson study; Media pembelajaran; Keterampilan guru; Multimedia interaktif tutorial |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 18:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4495 |