PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEMATH (GEOBOARD MATHEMATICS) DENGAN MODEL MMP (MISSOURI MATHEMATICS PROJECT) PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 104607 SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2019/2020

SIREGAR, SABRINA LAILA NAZMI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEMATH (GEOBOARD MATHEMATICS) DENGAN MODEL MMP (MISSOURI MATHEMATICS PROJECT) PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 104607 SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1161111088_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1161111088_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1161111088_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1161111088_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1161111088_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1161111088_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1161111088_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1161111088_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1161111088_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1161111088_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1161111088_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1161111088_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1161111088_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1161111088_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1161111088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1161111088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1161111088_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1161111088_BAB I.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1161111088_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1161111088_BAB V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1161111088_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1161111088_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan fakta yang
ditemukan dilapangan yaitu dalam proses pembelajaran guru kurang menggunakan media pembelajaran yang menarik khususnya pada materi keliling dan luas bangun datar, siswa mengalami kesulitan dalam mengingat rumus dan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal latihan pada materi keliling dan luas bangun datar. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti perlu melakukan tindakan untuk memperkecil permasalahan tersebut dengan melakukan pengembangan media, yaitu Media Geoboard Mathematics dengan menggunakan model MMP (Missouri Mathematics Project).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara mengembangkan media Geoboard Mathematics dan untuk mengetahui kelayakan dari media Geoboard Mathematics pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SD khususnya SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2019/2020. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) model Borg and Gall dengan5 tahapan dikarenakan adanya pandemic virus Covid-19 yaitu tahap Research and Information Collection,
Planning, develop preminary form of product, preliminary field testing, main product revision.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan. Sedangkan validator yang merupakan penilai media yaitu 2 validator berasal dari Dosen dan 1 dari Guru wali kelas IV untuk menilai materi dan media. Maka, 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli desain media.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa media pembelajaran Geoboard Mathematics yang dikembangkan tergolong pada kriteria media pembelajaran yang “Sangat baik” berdasarkan hasil dari penilaian ketiga validator mendapat kategori “Sangat Valid” dengan rincian validator ahli materi 1 diperoleh skor sebesar 97% dan validator ahli materi 2 diperoleh skor sebesar 98,3% jika dirataratakan hasilnya 97,65% dengan kategori sangat valid. Sedangkan pada aspek penilaian media validator ahli media 1 dari kedua tahap mendapat perolehan skor 98% dan validator ahli media 2 diperoleh skor 98,5% sehingga jika dirata-ratakan hasilnya 98,25% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media, Developing, Kelayakan, Geoboard Mathematics, Missouri Mtahematics Project.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:15
Last Modified: 25 Jan 2022 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44915

Actions (login required)

View Item
View Item