BR KEMBAREN, YOSSY NOVITASARI (2020) PENGGUNAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163313042_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 1163313042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM. 1163313042_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 1163313042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. 1163313042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 1163313042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1163313042_BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
11. NIM. 1163313042_BAB V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
12. NIM. 1163313042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanan penilaian portofolio di TK Negeri Pembina 1 Binjai belum optimal, guru memiliki kecenderungan melihat dan memperhatikan hanya pencapaian akhir saja sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan penilaian portofolio di TK NEGERI
PEMBINA 1 BINJAI pada semester II. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan pendekatan mix methods, yaitu suatu langkah dengan menggabugkan dua bentuk pendekatan dalam penelitan deskripsi kuantitatif dan analisis kualitatif dalam satu kegiatan penelitian dengan subjek peneltian 18 dokumen pembelajaran dan hasil pekerjaan siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara tidak tersetruktur dan dokumentasi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru kemompok B di TK Negeri Pembina 1 Binjai sudah melakukan penggunaan penilian portofolio dengan optimal dan baik. Dari ke-18 dokumen RPPH dan dokumen yang dianalisis menjelaskan bahwa tahapan penilian portofolio sudah dilaksanakan dengan baik. Guru menetukan prodak mengacu pada banyak variasi hasil pekerjaan peserta didik seperti kerajinan tangan anak, lembar kerja, gambar anak, dan proyek. Namun guru lebih banyak menggunakan lembar kerja dan gambar anak sebagai produk dalam portofolio siswa. Guru menggunakan kriteria yang ada yang bersifat umum. Dokumen yang akan dihasilkan terlah ditetapkan kriteriannya, guru menggunakan tapi hanya pengacu ke pedoman penilaiann yang bersifat umum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penilaian Portofolio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:05 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44889 |