Nurhafizah (2021) Komunikasi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Efektivitas Manajemen Sekolah Di Smp Isalam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading Kabupaten Batubara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176132012 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 8176132012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM. 8176132012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 8176132012 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 8176132012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM. 8176132012 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 8176132012 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM. 8176132012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM. 8176132012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 8176132012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 8176132012 REFENCES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki rumusan masalah secara umum yaitu “ bagaimana komunikasi kepala sekolah di SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading kabupaten Batubara, sedangkan rumusan masalah secara khusus adalah : (1) bagaimanakah komunikasi kepala sekolah untuk meningkatkan untuk meningkatkan efektivitas manajemen di SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading Kabupaten Batubara ?, (2) media apasaja yang digunakan kepala sekolah dalam berkomunikasi di SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading kabupaten Batubara ?, (3) factor-faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat komunikasi kepala sekolah di SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading kabupaten Batubara. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahu bagaimana komunikasi kepala sekolah unstuck meningkatkan efektivitas manajemen sekoah di SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading kabupaten Batubara, (2) mengetahui media apasaja yang digunakan kepala sekolah dalam berkomunikasi di SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading Kabupaten Batubara, (3) mengetahuai factor pendukung dan factor penghambat komunikasi kepala sekolah dalam berkomunikasi untuk meingkatkan efektivitas manajemen sekolah di SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading Kabupaten Batubara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode analisis data dilakukan secara berkesinambungan yaitu sejak awal pwngumpulan data hingga selesai. Adapun model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman, yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara interaktif hingga mencapai data jenuh, berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa komunikasi kepala sekolah di SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading Kabupaten Batubara lebih dominan melakukan komunikasi langsung kepada para staf pimpinan, guru, warga sekolah lainnya dalam mengatur manajemen sekolah, walaupun dalan hal-hal tertentu yang sifatnya mendesak, kepala sekolah melakukan komunikasi tidak langsung. Komunikasi terjadi pada saat kegiatan formal dan non formal. Media yang digunakan kepala sekolah dalam berkomunikasi berupa surat, alat elektronik berupa handphone, dengan menggunakan sms, dan whatsapp. Faktor pendukung dalam komunikasi kepala sekolah di SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading Kabupaten Batubara adalah iklim komunikasi yang baik, keterbukaan terhadap system sekolah, media komunikasi dan social. Sedangkan factor penghambat dalam komunikasi kepala sekolah SMP Islam Terpadu Al Ihya Tanjung Gading adalah keterlamabatan membaca informasi melalui media komunikasi ( sms, whatsapp), gagap teknologi, serta kesibukan karena pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Nur k |
Keywords: | Komunikasi; Kepala Sekolah; Media Komunikasi; efektivitas Manajemen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 09:59 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 09:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44865 |