Putri, Dedek Sri (2021) PENERAPAN MODUL BERBASIS PROYEK PADA MATERI REDOKS KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171131008 COVER.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
2. NIM. 4171131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4171131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
4. NIM. 4171131008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
5. NIM. 4171131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (984kB) | Preview
6. NIM. 4171131008 TABLES.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
7. NIM. 4171131008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
8. NIM. 4171131008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
9. NIM. 4171131008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4171131008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
14. NIM. 4171131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Bagaimana bahan ajar yang disusun pada materi redoks telah memenuhi kriteria kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan standar BSNP. (2) Bagaimana hasil belajar siswa menggunakan modul pembelajaran kimia lebih tinggi dari hasil belajar siswa menggunakan buku paket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Deli Tua berjumlah 2 kelas. Sempel penelitian adalah sempel total yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas ekperimen 1 yang dibelajarkan dengan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dibelajarkan menggunakan buku paket pegangan siswa di SMA Negeri 1 Deli Tua. Instrumen yang digunakan adalah angket kelayakan modul sesuai dengan standar BSNP, tes hasil belajar sebanyak 20 soal yang telah teruji valid. Penelitian ini menggunakan metode dan pengembangan media (R&D) dengan model ADDIE. Model ADDIE memiliki beberapa tahapan, yaitu analysis, design, develop, implementation, dan evaluation. Dimana hasil analisis kelayakan media mobile learning aspek kelayakan isi adalah 3,82; kelayakan bahasa adalah 3,83; kelayakan penyajian 3,81 dan kelayakan kegrafikan 3,77 artinya bahwa bahan ajar hasil dari uji coba sangat valid berdasarkan BSNP. Rata-rata persentase peningkatan hasil belajar siswa pada eksperimen 1 berupa 71% dan pada ekperimen 2 berjumlah 59%. Hasil uji t-pihak kanan menunjukkan bahwa thitung >ttabel (3,74 > 2,38). Dengan demikian kriteria pengujian hipotesis thitung > ttabel terpenuhi. Artinya Ho ditolak, Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis proyek yang dikembangkan lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi redoks dibandingkan dengan bahan ajar dari buku pegangan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul Pembelajaran Berbasis Proyek, ADDIE, Hasil Belajar, Redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:55 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44824 |