Handayani, Setiati (2021) Peran Guru PAUD Dalam Proses Pembelajaran Cooperative Learning di PAUD Ananda Bhumyamca Kabupaten Langkat T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172113007 COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
2. NIM. 1172113007 LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
3. NIM. 1172113007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 1172113007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
5. NIM. 1172113007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
6. NIM. 1172113007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 1172113007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 1172113007 BAB I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
12. NIM. 1172113007 BAB V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM. 1172113007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAUD dalam Proses pembelajaran cooperative learning sebagai fasilitator, mediator, director-motivator, evaluator di PAUD Ananda Bhumyamca Kabupaten Langkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 guru kelas di PAUD Ananda Bhumyamca Kabupaten Langkat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukan bahwasannya peran guru paud dalam proses pembelajaran cooperative learning di PAUD Ananda Bhumyamca menunjukan bahwa dalam pembelajaran yang sedang berlangsung model pembelajaran ini sangat efektif dalam membantu guru melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di kelas, dalam proses pembelajaran cooperative learning ini guru memiliki perannya seperti sebagai: Peran guru sebagai fasilitator menyediakan fasilitas yang akan digunakan para peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, peran sebagai mediator guru berperan sebagai penghubung antar materi pembelajaran yang akan disampaikan da juga sebagai penyedia media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, peran sebagai director-motivator guru berperan dalam membimbing jalannya diskusi pembelajaran bersama kelompok-kelompok kecil dan juga sebagai pemberi motivasi kepada para peserta didik, dan peran sebagai evaluator guru berperan dalam menilai proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dari awal hingga akhir pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PAUD-064 |
Keywords: | Pembelajaran Cooperative Learning; Model Pembelajaran; Taman Kanak-kanak; Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:07 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44820 |