Natasya, Selvia Rebecca (2021) Analisis Minat Belajar Anak Usia5-6 Tahun pada Masa Pembelajaran Daring di TK Kasih Luther HKBP Sihorbo T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173113028_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173113028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 1173113028_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 1173113028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM. 1173113028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 1173113028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1173113028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173113028_BAB I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
12. NIM. 1173113028_BAB V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. NIM. 1173113028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui minat belajar anak usia 5-6 tahun pada Masa Pembelajaran Daring di TK Kasih Luther HKBP Sihorbo T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 15 orang anak usia 5-6 tahun (kelas B) TK Kasih Luther HKBP Sihorbo, 15 orang tua anak dan 1 orang guru kelas B TK Kasih Luther HKBP Sihorbo. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar anak dapat dilihat dari indikator yang terdiri atas kesukaan, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan siswa. Berdasarkan hasil dari setiap indikator, minat belajar anak usia 5-6 tahun pada masa pembelajaran daring di TK Kasih Luther HKBP Sihorbo terbilang kurang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal dari dalam diri anak berupa kesukaan anak terhadap materi pelajaran dan kesulitan belajar yang dialami oleh anak. Faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar anak yaitu aktivitas belajar daring yang monoton, fasilitas dan media yang kurang mendukung, metode pembelajaran daring yang kurang bervariasi, cara mengajar orang tua dan pekerjaan orang tua
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PAUD-071 |
Keywords: | Minat Belajar Anak Usia Dini; Pembelajaran Daring; Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 07:46 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44810 |