NASUTION, JIHAN WAKIAH (2020) STUDI KASUS KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-KAUTSAR KAB. PADANG LAWAS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1162313018_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 116231318_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 116231318_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 116231318_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM. 116231318_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. NIM. 116231318_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 116231318_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 116231318_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM. 116231318_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 116231318_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 116231318_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Kemampuan menulis anak dapat dikembangkan pada anak sejak memasuki masa usia dini terkhusus untuk anak kelompok B. Dengan ini penulis tertarik mengkaji judul di atas karena melihat adanya kasus yang terjadi di TK Al-Kautsar Kab. Padang Lawas yaitu kemampuan menulis anak belum berkembang dengan baik
melalui tahapan-tahapan kemampuan menulis anak, sedangkan pada anak usia 5-6 tahun seharusnya anak sudah mampu menulis dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kasus kemampuan menulis pada anak usia 5-6 tahun melalui tahapan-tahapan kemampuan menulis. Tujuan dari penelitian ini ialah
mengobservasi sejauhmana proses tahapan kemampuan menulis pada anak di TK khususnya kelompok B yang berusia 5- 6 tahun, menganalisis kasus pada anak sesuai tahapan kemampuan menulis anak. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif.
Penelitian deskriptif kualitatif berupaya untuk mengungkapkan gejala permasalahan sesuai dengan konteksnya dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Al-Kautsar Kab. Padang Lawas yang
terdiri dari 4 anak dan 2 guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.
Hasil penelitian yaitu pada tahap kemampuan menulis dari 4 anak, hasil penelitian yang dilakukan terdapat jumlah kemampuan menulis pada tahapan menulis anak di kelompok B TK Al-kautsar dilakukan dengan jumlah tahapan menulis anak yaitu responden A (tahap coretan dan tahap garis lurus anak sudah mampu) (tahap
huruf acak, tahap fonetik, tahap tansisi dan tahap mengeja anak belum mampu), responden B (tahap coretan, tahap garis lurus, tahap huruf acak dan tahap fonetik anak sudah mampu) (tahap tansisi dan tahap mengeja anak belum mampu), responden C (tahap coretan, tahap garis lurus, tahap huruf acak, tahap fonetik dan tahap tansisi anak sudah mampu) (tahap mengeja anak belum mampu), responden D (tahap coretan anak sudah mampu) (tahap garis lurus, tahap huruf acak, tahap fonetik, tahap tansisi
dan tahap mengeja anak belum mampu).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Menulis, Tahapan-tahapan Menulis, kelompok B |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:14 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44809 |