Analisis Pemanfaatan TIK Sebagai Media dalam Pembelajaran Jarak Jauh di TK Permata Indah T.A 2020/2021

Qurnaini, - (2021) Analisis Pemanfaatan TIK Sebagai Media dalam Pembelajaran Jarak Jauh di TK Permata Indah T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1173113023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173113023 COVER.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173113023 LEMBAR PERSETUJUAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173113023 LEMBAR PERSETUJUAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (839kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173113023 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173113023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173113023 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173113023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173113023 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173113023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173113023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173113023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173113023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173113023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173113023 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173113023 BAB I.pdf - Published Version

Download (758kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1173113023 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1173113023 BAB V.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1173113023 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1173113023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, jenis TIK yang dimanfaatkan guru, dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran jarak jauh, serta menganalisis hambatan guru dalam pemanfaatan TIK pada pembelajaran jarak jauh di TK Permata Indah. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di TK Permata Indah Kec. Galang pada tahun ajaran 2020/2021 dengan populasi seluruh guru yang ada di TK Permata Indah. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sensus, yaitu seluruh guru TK Permata Indah sebanyak 4 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti selama sebulan di TK Permata Indah menunjukkan : (1) Skor kesiapan guru TK Permata Indah dalam menghadapi perubahan pelaksaanan pembelajaran jarak jauh sebesar 25% guru dinyatakan sangat siap, 25% siap dan 50% lagi dinyatakan tidak siap (2) Jenis TIK yang digunakan guru guru TK Permata Indah diantaranya ialah laptop, internet, WhatsApp, smart phone, power point presentations dan LCD. (3) Skor pemanfaatan TIK yang dimanfaatkan guru sebesar 71% yang termasuk dalam kategori baik. (4) Hambatan yang dialami guru dalam pemanfaatan TIK di TK Permata Indah diantaranya yaitu masih adanya guru yang belum terbiasa mengggunakan TIK dan rendahnya kemampuan dasar guru menggunakan TIK serta tidak tersedianya pelatihan dan seminar atau diklat bagi guru terkait pentingnya TIK.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan TIK sebagai media mampu membantu guru guna mendukung pembelajaran jarak jauh dan mengatasi keterbatasan ruang dan waktu antara guru dan peserta didik, namun perlu ditingkatkan kemampuan guru dalam mengolah kelas selama pembelajaran jarak jauh berlangsung di TK Permata Indah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-PAUD-063
Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh; Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:59
Last Modified: 20 Jan 2022 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44806

Actions (login required)

View Item
View Item