Sihombing, Purnama R. (2021) Analisis Dampak Pembelajaran Online Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Nafiri Kasih Sibuntuon Kec. Uluan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1173113021 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 1173113021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
3. NIM 1173113021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 1173113021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 1173113021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 1173113021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 1173113021 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 1173113021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
12. NIM 1173113021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM 1173113021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran online terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Nafiri Kasih Sibuntuon T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 15 orang anak usia 5-6 tahun (kelas B) TK Nafiri Kasih Sibuntuon, 15 orangtua anak dan 1 orang guru kelas B TK Nafiri Kasih Sibuntuon. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data di cek melalui triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif anak di TK Nafiri Kasih Sibuntuon selama mengikuti proses pembelajaran online (daring) pada masa Pandemi Covid-19 dalam aspek menyebutkan angka 1-20, menjumlahkan dan pengurangan sederhana, menyebutkan, mengelompokkan, mengurutkan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran termasuk dalam kategori mulai berkembang dan berkembang. Pencapaian perkembangan kognitif anak di TK Nafiri Kasih Sibuntuon dikarenakan guru selalu berusaha memberikan tugas-tugas kepada anak yang mampu menstimulus kemampuan kognitif anak. Dampak lain dari pembelajaran online (daring) terhadap kemampuan kognitif anak adalah beberapa orangtua yang kurang mendukung atau berpartisipasi dalam pembelajaran anak di rumah. Anak tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru karena tidak adanya bimbingan dari orangtua karena orangtua sibuk ke ladang dan ke sawah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PAUD-076 |
Keywords: | Pembelajaran Online; Kemampuan Kognitif; Anak Usia Dini 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:54 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44791 |