Fanov, Asiando Rirax (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMA NEGERI 1 SITIOTIO KABUPATEN SAMOSIR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132044 Cover.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2. 8126132044 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
3. 8126132044 Abstrak.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
4. 8126132044 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. 8126132044 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
6. 8126132044 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. 8126132044 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8. 8126132044 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. 8126132044 Bab I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
10. 8126132044 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
11. 8126132044 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru di SMAN 1 Sitiotio. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pemilihan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 9 (sembilan) guru dan dibantu dengan seorang kolaborator untuk menilai tampilan kegiatan penelitian. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan dasar mengajar yang terdiri atas: keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan mengadakan variasi. Pengolahan data dilakukan dengan mengambil nilai persentase dari tiap-tiap keterampilan dan kemudian dibandingkan dengan kriteria keberhasilan sebesar 80. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Supervisi klinis pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru SMAN 1 Sitiotio, (2) Supervisi klinis pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan memberi penguatan guru SMAN 1 Sitiotio, dan (3) Supervisi klinis pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan mengadakan variasi guru SMAN 1 Sitiotio.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 658.302 Fan m |
Keywords: | Supervisi klinis; Pendekatan kolaboratif; Keterampilan mengajar; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 22:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4479 |