Devi, Safitri (2014) HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126131016 Cover.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. 8126131016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8126131016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. 8126131016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. 8126131016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
6. 8126131016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. 8126131016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 8126131016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8126131016 Bab I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
10. 8126131016 Bab V.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
11. 8126131016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru, (2) hubungan komunikasi organisasi dengan kompetensi profesional guru, (3) hubungan motivasi kerja guru dengan kompetensi profesional guru dan (4) hubungan supervisi akademik kepala sekolah, komunikasi organisasi dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kompetensi profesional guru.Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional dengan pola kajian korelatif dengan menempatkan variabel penelitian dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Untuk menentukan sampel digunakan tabel Issac dan Michael selanjutnya penentuan sampel ditentukan dengan teknik Proportional Random Sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 119 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk variabel kompetensi professional guru digunakan instrument APKG dan variabel bebas menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana serta ganda.Hasil dari penelitian ini disajikan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru dengan koefisien korelasi ry1= 0,544. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru adalah sebesar 21,59%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi organisasi dengan kompetensi profesional guru dengan koefisien korelasi ry2= 0,371. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel komunikasi organisasi terhadap kompetensi profesional guru adalah sebesar 7,84% (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja guru dengan kompetensi profesional guru dengan koefisien korelasi rx3y= 0,502. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru adalah sebesar 12,72% dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah, komunikasi organisasi dan motivasi kerja guru secara bersama dengan kompetensi profesional guru dengan koefisien korelasi R = 0,649.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan dalam penelitian ini perlunya pengembangan supervisi akademik kepala sekolah, komunikasi organisasi dan motivasi kerja guru untuk dapat meningkatkan kompetesi professional guru yang dapat menciptakan guru yang professional dan berkualitas yang dapat menciptakan pendidikan yang bermutu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 658.302 Dev h |
Keywords: | Kompetensi profesional; Supervisi akademik; Kepala sekolah; Komunikasi organisasi; Motivasi kerja; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 18:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4474 |