Haloho, Parlindungan (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA PADA SMK NEGERI 1 AIR JOMAN KABUPATEN ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122030 Cover.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. 8106122030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3. 8106122030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. 8106122030 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. 8106122030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. 8106122030 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 8106122030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8106122030 Bab I.pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
10. 8106122030 Bab V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
11. 8106122030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interkatif model tutorial dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran interaktif model latihan dan praktik, (2) hasil belajar KKPI siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosisonal rendah dan (3) interkasi antara media pembelajaran interaktif dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar KKPI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 1 Air Joman Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa untuk penggunaan media interaktif model tutorial dan 30 siswa penggunaan media interaktif model latihan dan praktik. Teknik pernarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen pengukuran pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Untuk menjaring data kecerdasan emosional siswa digunakan angket yang telah diuji kevalidtannya. Metode penelitian meggunakan kuasi ekperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar KKPI siswa yang belajarkan dengan penggunaan media interaktif latihan dan praktik ((x ) ̅ =35,10) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interkatif tutorial ((x ) ̅ =31,43), dengan Fhitung = 8,39 > Ftabel = 4,02, (2) hasil belajar KKPI siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi ((x ) ̅ =35,9) lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah ((x ) ̅ =30,63), dengan Fhitung = 19,42 > Ftabel = 4,02, (3) interaksi antara pembelajaran menggunakan media interaktif dengan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar KKPI, dengan Fhitung = 9,13> Ftabel = 4,02. Perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji Tukey menunjukan : (1) pada media pembelajaran interaktif latihan dan praktik, rata-rata nilai belajar KKPI siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi ((x ) ̅ =35,00) lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah ((x ) ̅ =34,66), (2) pada media pembelajaran interaktif tutorial, rata-rata nilai hasil belajar KKPI siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi ((x ) ̅ =36,00) lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah ((x ) ̅ =28,00), (3) rata-rata nilai hasil belajar KKPI yang tertinggi adalah pada media pembelajaran interaktif latiham dan praktik dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi ((x ) ̅ =36,00), sedangkan yang terendah adalah pada media pembelajaran interaktif tutorial dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah ((x ) ̅ =28,00).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Hal p |
Keywords: | Pengelolaan informasi; Media pembelajaran; Media interaktif; Kecerdasan emosional; Tutorial; Komputer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 18:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4473 |