Hawanif, Azizah (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173331009 COVER.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
2. NIM. 4173331009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4173331009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
4. NIM. 4173331009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
5. NIM. 4173331009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (826kB) | Preview
6. NIM. 4173331009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7. NIM. 4173331009 TABLES.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
8. NIM. 4173331009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
9. NIM. 4173331009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4173331009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
14. NIM. 4173331009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana langkah – langkah pengembangan LKS Elektronik berbasis android dengan pendekatan CTL agar memenuhi standar BSNP; (2) Kelayakan pengembangan LKS Elektronik berbasis android dengan pendekatan CTL berdasarkan standar BSNP dan; (3) Apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan LKS Elektronik berbasis Android dengan pendekatan CTL pada materi termokimia lebih tinggi dari nilai KKM. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Medan dengan sampel yang di teliti adalah kelas XI MIA 8 MAN 1 Medan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non-tes berupa angket BSNP yang telah di modifikasi dan angket respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan serta instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,89. Teknik Analisa data dilakukan dengan: (1) Uji kelayakan LKS sesuai BSNP; (2) Uji One Sample T-test dan; (3) Angket respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE yang disesuaikan dengan standar kelayakan BSNP; (2) LKS yang telah dikembangkan sesuai standar BSNP divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan Dosen UNIMED dan Guru Kimia MAN 1 Medan dengan memperoleh nilai rata-rata presentase dari ahli materi sebesar 84% dengan kriteria “sangat layak” dan nilai rata-rata presentase dari ahli media sebesar 91,88% dengan kriteria “sangat layak” dan berdasarkan hasil respon siswa terhadap LKS didapatkan hasil dengan rata-rata presentase sebesar 85,95% dengan kriteria “sangat setuju”, sehingga secara keseluruhan LKS layak untuk digunakan pada proses belajar mengajar khususnya pada materi termokimia; (3) Hasil belajar siswa menggunakan LKS elektronik berbasis android dengan pendekatan CTL pada materi termokimia lebih tinggi dari nilai KKM di sekolah, dimana pada taraf signifikan 0,05 nilai thitung > ttabel yaitu 4,122158112 > 2,045229642.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Lembar Kerja Siswa (LKS), Elektronik, Berbasis Android, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Termokimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:31 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44727 |