Simanullang, Zulfahri (2021) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TAPANULI TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161121028 C0VER.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
2. NIM 4161121028 APPROVAL SHEFT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4161121028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
4. NIM 4161121028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
5. NIM 4161121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (900kB) | Preview
6. NIM 4161121028 TABLES.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
7. NIM 4161121028 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
8. NIM 4161121028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
9. NIM 4161121028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4161121028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
14. NIM 4161121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan merancang media pembelajaran E-learning berbasis moodle. Jenis penelitian ini adalah R&D (research and develoment) dengan model pengembangan Borg and Gall dengan 7 langkah yaitu studi pendahuluan (research and information collection), perancangan (planning), pengembangan produk (develop preliminari from of productt) , uji coba lapangan awal (preliminary field testing), revisi hasil uji coba (main product revision), uji lapangan produk utama (main field testing), dan uji coba lapangan skala luas (operational field testing). Sampel pengujian media ini adalah siswa kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Tapanuli Tengah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk analisis kebutuhan, angket respon siswa dan guru. Instrumen validasi ahli materi, ahli media dan tes hasil belajar. Hasil validasi dari ahli media terhadap media pembelajaran berbasis moodle memiliki presentase 83,34% dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi dari ahli materi terhadap materi dalam pembelajaran berbasis moodle pada materi usaha dan energi memiliki presentase 87,12% dengan kriteria sangat baik. Hasil respon guru terhadap media pembelajaran e-learing berbasis moodle mmeiliki presentase 92,88% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba skala kecil memiliki presentase 85,07% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji lapangan skala besar memiliki 86,88% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan e-learning berbasis moodle pada materi usaha dan energi memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran. Tingkat keefektifan e-learning berbasis moodle berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain memperoleh 0,62 dengan kategori baik, dengan demikian e-learning berbasis moodle pada matei usaha dan energi kelas XI di madrasah aliyah negeri 1 tapanuli tengah memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran, Moodle, Penelitian R&D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:12 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44719 |