Jannah, Asma Nur (2021) Pengaruh Konseling Kelompok Rational Emotive Therapy Terhadap Regulasi Emosi Siswa Dalam Di Era Pandemi Covid-19 Kelas X IPA-1 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172151012 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 1172151012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1172151012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
4. NIM. 1172151012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 1172151012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 1172151012 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1172151012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1172151012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 1172151012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
13. NIM. 1172151012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM. 1172151012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok rational emotive therapy terhadap regulasi emosi siswa dalam belajar di era pandemi covid-19 dan untuk mengetahui gambaran masing-masing regulasi emosi siswa dalam belajar siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi T.A 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X IPA-1 yang memiliki skor regulasi emosi yang rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket regulasi emosi siswa dalam belajar di era pandemi covid-19 berjumlah 44 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok . Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok rational emotive therapy terhadap regulasi emosi siswa dalam belajar di era pandemi covid-19. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 85 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 137,3. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 15 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung >Jtabel dimana 15 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakukan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menujukkan ada pengaruh konseling kelompok rational emotive therapy terhadap regulasi emosi siswa dalam belajar di era pandemi covid-19 siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-BK-081 |
Keywords: | Regulasi Emosi; Konseling Kelompok; Pendekatan Rational Emotive Therapy |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:24 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44707 |