PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT

Agustina, Rena (2013) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 081188230134 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 081188230134 Cover.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 2. 081188230134 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 081188230134 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 3. 081188230134 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 081188230134 Abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 4. 081188230134 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 081188230134 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 5. 081188230134 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 081188230134 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. 081188230134 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 081188230134 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 7. 081188230134 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 081188230134 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. 081188230134 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 081188230134 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. 081188230134 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 081188230134 Bab I.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of 10. 081188230134 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 081188230134 Bab V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 11. 081188230134 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 081188230134 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran Animasi dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran powerpoint, (2) Perbedaan hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan gaya belajar auditori, (3) Interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi.Populasi penelitian adalah selurih siswa SMA Swasta Persiapan Stabat, berjumlah 157 orang yang berasal dari 4 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian untuk media pembelajaran animasi terdiri dari 38 siswa dan 40 siswa untuk media pembelajaran powerpoint. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban terdiri dari 30 soal. Untuk menjaring data gaya belajar digunakan angket gaya belajar yang merujuk pada skala gaya belajar menurut Bledso. Metode penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran animasi ( = 23,25 ) lebih tinggi daripada hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran powerpoint ( = 21,18 ), dengan Fhitung = 4,59 > Ftabel = 4,10, (2) hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya belajar visual ( = 24,2) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memilki gaya belajar auditori ( = 20,95), dengan Fhitung = 20,35 > Ftabel = 4,10, (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi, dengan Fhitung = 5,26 > Ftabel = 4,10. Perhitungan lebih lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan (a) hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran animasi lebih tinggi daripada hasil belajar biologisiswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint, (b) hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditori, (c) terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Agu p
Keywords: Strategi pembelajaran; Media pembelajaran; Gaya belajar; Belajar biologi; Komputer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 28 Apr 2016 17:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4470

Actions (login required)

View Item
View Item