Agustina, Rena (2013) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188230134 Cover.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. 081188230134 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
3. 081188230134 Abstrak.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4. 081188230134 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. 081188230134 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. 081188230134 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. 081188230134 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 081188230134 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 081188230134 Bab I.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
10. 081188230134 Bab V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
11. 081188230134 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran Animasi dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran powerpoint, (2) Perbedaan hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan gaya belajar auditori, (3) Interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi.Populasi penelitian adalah selurih siswa SMA Swasta Persiapan Stabat, berjumlah 157 orang yang berasal dari 4 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian untuk media pembelajaran animasi terdiri dari 38 siswa dan 40 siswa untuk media pembelajaran powerpoint. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban terdiri dari 30 soal. Untuk menjaring data gaya belajar digunakan angket gaya belajar yang merujuk pada skala gaya belajar menurut Bledso. Metode penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran animasi ( = 23,25 ) lebih tinggi daripada hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran powerpoint ( = 21,18 ), dengan Fhitung = 4,59 > Ftabel = 4,10, (2) hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya belajar visual ( = 24,2) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memilki gaya belajar auditori ( = 20,95), dengan Fhitung = 20,35 > Ftabel = 4,10, (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi, dengan Fhitung = 5,26 > Ftabel = 4,10. Perhitungan lebih lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan (a) hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran animasi lebih tinggi daripada hasil belajar biologisiswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint, (b) hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditori, (c) terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Agu p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Media pembelajaran; Gaya belajar; Belajar biologi; Komputer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 17:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4470 |