Dalimunthe, Rizky Hafnita (2021) Persepsi Guru Bidang Studi Tentang Kinerja Guru Bk Disekolah Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Labuhan Batu Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141151035_COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 1141151035_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
3. NIM. 1141151035_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 1141151035_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 1141151035_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1141151035_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1141151035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 1141151035_BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
12. NIM. 1141151035_BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM. 1141151035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru bidang studi tentang kinerja guru BK disekolah Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Labuhan Batu. Bagaimanakah program Bimbingan dan Konseling terkait dengan persepsi guru bidang studi tentang kinerja guru BK disekolah Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Labuhan Batu? Tujuan penelitian untuk : (1) Mendeskripsikan persepsi guru bidang studi tentang kinerja guru BK di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Labuhan Tahun Ajaran 2020/2021, (2) Mendeskripsikan persepsi guru bidang studi tentang kinerja guru BK dan implikasinya bagi program BK di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Labuhan Batu tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian berjumlah 30 guru bidang studi dan Sampel dalam penelitian ini adalah 16 guru bidang studi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan angket kemudian dianalisis untuk mengetahui teknik pengolahan skor dan kategorisasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) Secara umum pada kategori ST untuk etika siswa sebanyak 1 siswa (3%). Selanjutnya, kategori Perencanaan layanan BK 71,4%. Pelaksanaan layanan BK sebesar 79,6 %. Evaluasi Program BK sebesar 80,4%. Pelaporan dan tindak lanjut layanan BK 57,6%. Diperoleh hasil angket 2381 dengan persentase 76.3% dapat dikategorikan dalam keadaan baik. Dengan total keseluruhan 91.5% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, kinerja guru BK dalam melaksanakan program BK di sekolah dikategorikan baik sesuai dengan hasil angket yang di bagikan yaitu guru BK melakukan perencanaan layanan BK, pelaksanaan layanan BK, evaluasi program BK, pelaporan dan tindak lanjut layanan BK semua terlaksana dengan baik. Implikasi Kinerja Guru BK Terhadap Program Bimbingan Konseling Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, kinerja guru BK dalam melaksanakan program BK di sekolah sesuai dengan persepsi guru bidang studi terhadap kinerja guru BK bahwa guru BK mampu mengaplikasikan program layanan bimbingan konseling di sekolah sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Berdasarkan data di atas, dirumuskan program Bimbingan dan Konseling yang memuat program tahunan, program semester, program bulanan, program mingguan terkait dengan bidang pengembangan pribadi dan sosial dengan sub bidang pengembangan etika siswa di sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-BK-070 |
Keywords: | Kinerja guru BK; Pelaksanaan Bimbingan konseling di sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:38 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44676 |