Mandasari, Yulanda (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3173111035 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM 3173111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 3173111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM 3173111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM 3173111035 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM 3173111035 TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM 3173111035 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM 3173111035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM 3173111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
13. NIM 3173111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
14. NIM 3173111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktual pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar PPKn kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T. A 2020/2021. Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan yang beralamat di JL. Mesjid Dusun IV Percut, Percut, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Prov. Sumatera Utara. Adapun medote yang digunakan adalah kuantitatif. alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, kemudian menyebar angket ke siswa, dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A 2020/2021 yang masih aktif yang berjumlah 253 siswa, maka penelitian mengambil sempel sebanyak 20% dari jumlah populasi. Dengan demikian, peneliti mengambil sampel sebanyak 52 siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam menganalisis data adalah rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar PPKn Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A 2020/2021.kompetensi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar PPKn Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A 2020/2021 sebesar 73,03%. Nilai ℎ lebih besar dari (ℎ >) atau 0,889 > 0,273 sehingga koefisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Dimana pada n= 52 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,273. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t dengan ℎ sebesar 13,67 dan sebesar 2,00856 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga ℎ > atau 13,67 > 2,00856, pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk)= n-2 =(52-2 = 50) yang berarti bahwa hipotesis diterima, dimana ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran koopeartif tipe jigsaw terhadap hasil belajar PPKn kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A 2020/2021 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-002 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperati Tipe Jigsaw; Hasil Belajar; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:50 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44624 |