Rizky, M.Fais (2021) Pengembangan Tes Pilihan Ganda Disertai Alasan (Two Tier) Pada Materi Gerak Parabola Dan Gerak Melingkar Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Siswa SMA Al-Manar Medan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4162121001 COVER.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
2. NIM. 4162121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4162121001 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM. 4162121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
6. NIM. 4162121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
7. NIM. 4162121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
8. NIM. 4162121001 TABLES.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
9. NIM. 4162121001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
10. NIM. 4162121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. NIM. 4162121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
15. NIM. 4162121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (955kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrument Tes Two-Tier Diagnostic Test pada materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar dan menguji kelayakan Instrumen yang dihasilkan untuk mengidentifikasi miskonsepsi fisika siswa SMA untuk materi tersebut serta mengetahui jenis miskonsepsi yang ditemukan ditinjau dari dimensi konsep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) tipe 4D modifikasi 3D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: 1) Define, 2) design, 3) development. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Al Manar Medan yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen tes diagnostik yang dikembangkan terdiri atas kisi-kisi soal tes, petunjuk pengerjaan dan soal tes, lembar jawab, kunci jawaban dan pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi hasil. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas isi. Hasil uji validitas oleh tiga validator ahli menunjukkan instrumen tes diagnostik yang dikembangkan valid dengan hasil CVI 1. Hasil dari validasi ramalan menunujukkan ada 2 soal yang tidak valid. Reliabilitas soal yang dikembangkan sebesar 0,9 yang berarti soal tes reliabel. Produk akhir terdiri atas 16 soal berkategori sedang, dan 2 soal berkategori sulit.. Miskonsepsi tertinggi dengan persentase 57 % pada indikator menganalisis perubahan kecepatan sudut benda pada selang waktu tertentu dan miskonsepsi terendah dengan persentase 20 % pada indikator menjelaskan hal hal yang mempengaruhi perubahan kecepatan sudut pada GMBB. Jenis miskonsepsi yang paling besar berdasarkan dimensi konsep pada dimensi konsep atribut, dan konsep generalitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tes Diagnostik Dua Tingkat, Miskonsepsi, Gerak Parabola dan Gerak Melingkar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:10 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44623 |