Rahimah (2014) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS STRATEGI PBL PADA MATA PELAJARAN PATTERN MAKING (MEMBUAT POLA) KELAS X BUSANA SMK N 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116121031 Cover.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. 8116121031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. 8116121031 Abstrak.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. 8116121031 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. 8116121031 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
6. 8116121031 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7. 8116121031 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. 8116121031 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. 8116121031 Bab I.pdf - Published Version
Download (778kB) | Preview
10. 8116121031 Bab V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
11. 8116121031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Interaktif Berbasis Strategi PBL Pada Mata Pelajaran Pattern Making (Membuat Pola) Kelas Busana SMKN 8 Medan. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Strategi PBL Pada Mata Pelajaran Pattern Making (Membuat Pola) ini diperoleh melalui observasi dari guru dan siswa di SMK N 8 Medan, menyatakan media interaktif dibutuhkan dalam pembelajaran.Penelitian ini diadaptasi dari model desain penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall (1981) dan model pengembangan mediaMukminan (2001) dan Luther (Aris Hadi,S : 2003:15) Prusedur penelitian ini terdiri dari : 1) Tahap I Melakukan penelitian Pendahuluan, 2) Tahap II Pengumpulan data, 3) Tahap III Membuat desain software, 4) Tahap IV Membuat dan memproduksi Software, 5) Tahap V Review dan Uji Coba Produk. Pengumpulan data evaluasi validasi dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang diberikan kepada subjek uji coba yang berjumlah 50 orang antara lain 2 AhliMateri pembelajaran, 2 Ahli Desain Instruksional, 2 Ahli Media Pembelajaran, 3 orang siswa Uji Coba satu-satu, 9 orang siswa Uji Kelompok Kecil, 32 orang siswa kelas eksperimen.Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa : (1) Produk Media interaktif pattern making dikemas dalam bentuk CD, (2) validasi para ahli secara umum menyatakan kualitas produk media iteraktifini termasuk dalam kriteria 84,78 % dari rentang skor 1- 5, pengujian hipotesis produk media interaktif ini dinyatakan efektif digunakan untuk pembelajaran pattern making di mana terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen . Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh harga t hitung seharga 2,85 lebih besar dari t tabel seharga 2,00 maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan media interaktif pembelajaran pattern making telah teruji efektif. Kesimpulan, pengembangan media interaktif lebih baik dibandingkan dengan media grafis karena proses pembelajaran menjadi lebih baik dan siswa dapat belajar mandiri sesuai kebutuhannya. Dengan demikian guru sebaiknya dilatih menerapkan media interaktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Rah p |
Keywords: | Pattern making; Pembelajaran interaktif; Pola konstruksi; Media pembelajaran; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 16:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4462 |