SIHOMBING, DENY GATES (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA EKS KELAS UNGGULAN DI SMPN 1 SIBORONGBORONG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163351006 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. NIM 1163351006 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 1163351006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 1163351006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
5. NIM. 1163351006 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
6. NIM. 1163351006 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 1163351006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 1163351006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
9. NIM. 1163351006 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
10. NIM. 1163351006 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (788kB)
11. NIM. 1163351006 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM. 1163351006 CHAPTER V.pdf
Download (254kB)
13. NIM. 1163351006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (309kB)
14. NIM. 1163351006 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap resiliensi siswa eks kelas unggulan di SMPN 1 Siborongborong. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap resilensi siswa eks kelas unggulan di SMPN 1 Siborongborong TA 2020/2021? Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi akademik siswa eks unggulan diukur melalui tujuh dimensi yaitu: Regulasi Emosi, Kontrol Implus, Optimisme, Analisis Kausal, Empati, Self-Efficacy, dan Reaching Out. Alat ukur yang peneliti gunakan sudah di validasi dengan skor reliabilitas 0,923. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai J hitung = 0 dengan = 0,05 dan n = 10 sehingga nilai J tabel adalah 8. Dari data tersebut terlihat J hitung > J tabel dimana 24 > 8. Data rata-rata 84,6 sedangkan data post-test atau setelah pemberian layanan bimbingan kelompok diperoleh skor rata-rata 137,1. Selisish dari skor rata-rata 137,1. Selisish dari skor rata-rata siswa eks unggulan setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi 38%. Artinya skor rata-rata mahasiswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Bimbingan Kelompok, Resiliensi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
| Date Deposited: | 14 Jan 2022 07:12 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 03:33 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44521 |
