NASUTION, MUTIA AUDIVA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEPEMIMPINAN DIRI DALAM LAYANAN KONSELING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1162151012_COVER.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
2. NIM. 1162151012_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (983kB) | Preview
3. NIM. 1162151012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM. 1162151012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM. 1162151012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 1162151012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM 1162151012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM 1162151012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 1162151012_BAB I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM. 1162151012_BAB V.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
14. NIM. 1162151012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar kepemimpinan diri yang efektif berupa materi, metode, petunjuk, latihan dan penilaian dalam pelaksanaan layanan konseling pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d Juli 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam kelas XI tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 32 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen kepemimpinan diri untuk analisis awal dalam penelitian, wawancara dengan guru bimbingan dan konseling untuk mendapatkan gambaran tentang kepemimpinan diri siswa dan bahan ajar yang digunakan dalam pelaksaan layanan, lembar validasi bahan ajar untuk mengukur kevalidan, lembar respon siswa untuk menjadi tolak ukur apakah bahan ajar perlu melakukan perbaikan kembali, observasi untuk melakukan pengamatan secara langsung selama bahan ajar digunakan, serta latihan kepemimpinan diri yang terdapat pada bahan ajar untuk mengukur keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan kevalidan dengan persentasi rata-rata 86,45% dengan kategori “sangat valid”, dimana persentase rata-rata oleh ahli media sebesar 86,90% dengan kategori “sangat valid”, dan persentase rata-rata ahli materi sebesar 86,17% dengan kategori “sangat valid”. Dalam keefektifan bahan ajar didapat dari hasil nilai latihan siswa dengan rata-rata persentase 87,50% dan telah mencapai klasifikasi baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar kepemimpinan diri ini efektif untuk digunakan dalam layanan konseling pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar, Kepemimpinan Diri, Layanan Konseling, ADDIE. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:17 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44519 |