PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-CONTROL TERHADAP KETERGANTUNGAN GADGET SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

NOMIANDRI, DESSY (2020) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-CONTROL TERHADAP KETERGANTUNGAN GADGET SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1161151014_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1161151014_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1161151014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1161151014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1161151014_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1161151014_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1161151014_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1161151014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1161151014_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1161151014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1161151014_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1161151014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1161151014_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1161151014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1161151014_DAFTRAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1161151014_DAFTRAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1161151014_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1161151014_BAB I.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1161151014_BAB II.pdf] Text
10. NIM. 1161151014_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[thumbnail of 11. NIM. 1161151014_BAB III.pdf] Text
11. NIM. 1161151014_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[thumbnail of 12. NIM. 1161151014_BAB IV.pdf] Text
12. NIM. 1161151014_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1161151014_BAB V.pdf] Text
13. NIM. 1161151014_BAB V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1161151014_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 1161151014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 15. NIM. 1161151014_LAMPIRAN.pdf] Text
15. NIM. 1161151014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik self-control Terhadap ketergantungan gadget pada siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok teknik self-control Terhadap ketergantungan gadget pada siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII-3 yang memiliki skor ketergantungan gadget tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala ketergantungan gadget. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik self-control terhadap ketergantungan gadget pada siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 114.17 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata
= 69.33. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh J hitung = 9 sedangkan J tabel = 0. Dari table nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=6, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 9> 0, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik self-control terhadap ketergantungan gadget pada siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran
2019/2020dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Kelompok Teknik Self-Control, Ketergantungan Gadget
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:48
Last Modified: 02 Dec 2025 01:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44507

Actions (login required)

View Item
View Item