NOMIANDRI, DESSY (2020) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-CONTROL TERHADAP KETERGANTUNGAN GADGET SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161151014_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1161151014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM. 1161151014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 1161151014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM. 1161151014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
6. NIM. 1161151014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1161151014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 1161151014_DAFTRAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 1161151014_BAB I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13. NIM. 1161151014_BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM. 1161151014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik self-control Terhadap ketergantungan gadget pada siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok teknik self-control Terhadap ketergantungan gadget pada siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII-3 yang memiliki skor ketergantungan gadget tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala ketergantungan gadget. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik self-control terhadap ketergantungan gadget pada siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 114.17 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata
= 69.33. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh J hitung = 9 sedangkan J tabel = 0. Dari table nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=6, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 9> 0, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik self-control terhadap ketergantungan gadget pada siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran
2019/2020dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Teknik Self-Control, Ketergantungan Gadget |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:48 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44507 |