Nababan, Ida Rohulina (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163321011 COVER.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
2. NIM 463321011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4163321011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
4. NIM 4163321011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
5. NIM 4163321011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
6. NIM 4163321011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
7. NIM 4163321011 TABLES.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
8. NIM 4163321011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
9. NIM 4163321011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4163321011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (831kB) | Preview
14. NIM 4163321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada jurnal/skripsi nasional. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian- penelitian yang dilakukan berpengaruh dan efektif terhadap pelajaran fisika peserta didik di Kota Medan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besarnya pengaruh signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning adalah kondisi seolah, minat belajar, penggabungan dengan media pembelajaran dan instrument yang digunakan oleh peneliti. Jika ditinjau dari pembagian wilayah SMA Negeri di Kota Medan berdasarkan jarak dari titik pusat Kota Medan, model pembelajaran Promblem Based Learning lebih memiliki pengaruh yang besar di pertengahan Kota Medan dibanding dengan wilayah pusat dan pinggiran Kota Medan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajran fisika di SMA Negeri kota medan mempunyai pengaruh yang signifikan dan telah memenuhi syarat signifikan α > 0.05 dan dapat dijadikan reference sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, kemampuan pemecahan masalah siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 02:32 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44462 |