PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY DALAM BELAJAR SISWA KELAS X SMA UISU MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

FIRMANSYAH, AGUNG (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY DALAM BELAJAR SISWA KELAS X SMA UISU MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1141151001_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141151001_COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141151001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141151001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141151001_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141151001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141151001_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141151001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141151001_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141151001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141151001_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141151001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141151001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141151001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141151001_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141151001_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1141151001_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1141151001_BAB V.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141151001_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141151001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik self management untuk meningkatkan self efficacy dalam belajar siswa kelas X SMA UISU Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 orang siswa yang memiliki self efficacy dalam belajar rendah dengan teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain pre test-post test one group design. Data
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala self efficacy dalam belajar berjumlah 39 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Cronbachalpha, reliabilitas diketahui
0,919 dan setelah dibandingkan dengan indeks korelasi termasuk dalam kategori reliabilitas sangat tinggi. Data di analisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik self management
terhadap self efficacy dalam belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 73,1 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 127,71. Analisis data yang menggunakan uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung= 13sedangkan Jtabel= 2. Dari table nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=7,
α= 0,05 sesuai dengan criteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis di terima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 13>2 yang berarti
hipotesis diterima, artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh bimbingan kelompok teknik self management terhadap peningkatan self efficacy dalam belajar siswa kelas X SMA UISU Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: BimbinganKelompok;;Self Management; Self Efficacy; Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Jan 2022 01:32
Last Modified: 12 Jan 2022 01:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44451

Actions (login required)

View Item
View Item