Pakpahan, Mangombar M.T (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173141039 COVER.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
2. NIM 4173141039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4173141039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (834kB) | Preview
4. 4173141039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (742kB) | Preview
5. NIM. 4173141039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
6. NIM. 4173141039 TABLES.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
7. NIM. 4173141039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
8. 4173141039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
9. NIM 4173141039 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4173141039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
14. NIM 4173141039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Multimedia Pembelajaran yang dikembangkan menggunakan software Macromedia Flash 8 pada materi sistem pencernaan makanan sebagai sumber belajar mandiri siswa berdasarkan tanggapan ahli materi, ahli media, guru bidang studi, dan siswa. Penelitian menggunakan disain pengembangan instruksional model 4-D, meliputi tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), dibatasi pada tahap penyebaran terbatas untuk melihat ketuntasan belajar klasikal siswa. Penelitian ini dimulai pada bulan September 2020 – Februari 2021. Uji coba produk dilakukan di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa karena memenuhi kriteria kelayakan dengan skor rata-rata 4,5 dari ahli materi yang termasuk dalam kriteria sangat baik, skor rata-rata 4,4 dari ahli media yang termasuk dalam kriteria sangat baik, skor rata-rata 4,9 dari guru bidang studi yang termasuk dalam kriteria sangat baik, dan skor rata-rata 4,7 dari siswa uji coba kelompok besar yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Ketuntasan Belajar Klasikal siswa pada penyebaran terbatas mendapat persentase 96,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, Sistem Pencernaan Makanan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 03:11 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44408 |