Sinaga, Marudut (2021) Pengembangan Disain Pembelajaran Kontekstual berbasis Kesiapan Belajar untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa pada Matakuliah Kimia Umum. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8156145003 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 8156145003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (961kB) | Preview
3. NIM 8156145003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM 8156145003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. NIM 8156145003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM 8156145003 TABLES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. NIM 8156145003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 8156145003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9. NIM 8156145003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
13. NIM 8156145003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM 8156145003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran kontekstual berbasis kesiapan belajar berperan sangat penting dalam pembelajaran kimia karena ilmu pengetahuan sangat erat hubungannya dengan pengalaman belajar dan praktek dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan disain pembelajaran kontekstual berbasis kesiapan belajar mahasiswa yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pengajaran Kimia Umum, dan sekaligus untuk pencapaian kompetensi dalam bidang kimia. Penelitian dilakukan di Fakutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan (FMIPA Unimed) pada tahun akademik 2018/2019 dengan melibatkan 200 orang mahasiswa yang mengikuti kuliah Kimia Umum, terdistribusi pada empat Program Studi Pendidikan (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelompok terdiri atas 100 orang mahasiswa. Tahapan penelitian terdiri atas: (1) Analisis tingkat kesiapan belajar mahasiswa menggunakan angket, (2) Pengembangan disain pembelajaran kontekstual dilakukan melalui Penelitian dan Pengembangan model ADDIE, (3) Standarisasi disain pembelajaran menggunakan responden ahli, dan (4) implementasi di dalam kelas menggunakan disain pembelajaran kontekstual di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Pengajaran di kelas eksperimen diawali dengan penyampaian bahan ajar oleh dosen pengampu mata kuliah, dilanjutkan dengan pengisian Lembar Kegiatan oleh Mahasiswa (LKM) yang berisi integrasi beberapa Kemampuan Generik Sains (KGS) dengan menggunakan Siklus Belajar 5E untuk meningkatkan kesiapan belajar dan pengalaman belajar mahasiswa, dilakukan berurutan pada pengajaran Pokok Bahasan Stoikhiometri, Termokimia, dan Laju reaksi, sedangkan di kelompok kontrol dilakukan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian di kelas eksperimen diketahui bahwa kesiapan belajar dan LKM meningkatkan hasil belajar mahasiswa, berturut-turut pada Pokok Bahasan: Stoikhiometri dari 8,05% menjadi 8,3%, Termokimia dari 2% menjadi 13,2%, dan Laju reaksi dari 8,2% menjadi 12,8%. Disain pembelajaran kontekstual berbasis kesiapan belajar terbukti meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa di kelas eksperimen sebesar 32%, dan kompetensi mahassiwa dalam bidang kimia tercapai. Disain pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan dari nilai mahasiswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Rata-rata hasil belajar mahasiswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berturut-turut untuk Pokok Bahasan Stoikhiometri (M=71,15±6,86 > M=65,78±6,53), Termokimia (M=65,47±7,41 > M=60,31±6,88), dan Laju reaksi (M=65,50±6,93 > M=57,02±6,03), dan kedua kelompok berbeda secara signifikan (t = -5,670; -5,106; -5,106 dan nilai Sig = 0,000). Disimpulkan bahwa kesiapan belajar dan lembar kegiatan mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, dan kemampuan generik sains mahasiswa dapat ditingkatkan melalui aktivitas pengisian lembar kegiatan dengan menggunakan siklus belajar 5E, yaitu sebagai strategi untuk mencapai kompetensi dalam bidang kimia. Disarankan agar pembelajaran sains dapat mengadopsi disain pembelajaran kontekstual berbasis kesiapan belajar karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mahasiswa dalam rangka pencapaian kompetensinya. Kontribusi ilmiah produk penelitian ini telah dipublikasikan di Jurnal Internasional bereputasi terindeks scopus Q3 dua judul.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Sin p |
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual; Kesiapan Belajar; Kemampuan Generik Sains; Siklus Belajar 5E |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 10:28 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 10:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44394 |